new teknologi

Samsung Galaxy S Wifi Penantang iPod Touch

Tempo

Tempo – Sabtu, 19 Februari

TEMPO Interaktif, New York – Samsung tampaknya belum puas berperang dengan Apple. Setelah mengeluarkan Galaxy S 2 untuk bersaing dengan iPhone dan Galaxy Tab 10.1 guna mematahkan dominasi iPad, kini pabrikan asal Korea Selatan itu membidik iPod Touch.

Di perhelatan Mobile World Congress 2011 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Samsung memperkenalkan produk terbarunya, Galaxy S Wi-Fi 4.0 Smart Player. Dari penampilan dan fiturnya, jelas Galaxy S ditujukan untuk menyaingi iPod Touch.

Galaxy S Wi-Fi 4.0 adalah perangkat hiburan pribadi. Diberi nama Galaxy S untuk meneruskan kesuksesan telepon seluler pintar Galaxy S. Hampir semua fitur yang ada di Galaxy S disematkan pada Galaxy S WiFi 4.0, kecuali koneksi telepon.

Ya, Galaxy S Wi-Fi 4.0 adalah “telepon” yang tak bisa dipakai untuk menelepon, kecuali menggunakan layanan VoIP. Perangkat ini khusus untuk bermain game, menjalankan aplikasi, menonton video, memutar musik, dan menjelajahi dunia maya. Singkatnya, ini adalah versi Android dari iPod Touch.

Tampilan luarnya pun mirip iPod Touch, yakni seluruh sisinya dilapisi sepuhan krom. Tapi, tentunya, Galaxy S Wi-Fi 4.0 juga banyak mengadopsi tampilan saudara tuanya, Galaxy S 2. Bodinya tipis dan sasisnya cukup ringan.

Bagian depan Galaxy S Wi-Fi 4.0 berwarna hitam mengkilap. Adapun bagian belakangnya putih terang. Di sisi muka, di bawah layarnya, terdapat tombol Home yang cukup besar. Sedangkan di samping kanan dan kirinya terdapat tombol Back.

Layar Galaxy S Wi-Fi 4.0 cukup lapang, yakni 4 inci, dengan resolusi 800 x 480 piksel. Meski terlihat jernih dan terang, layarnya bukan Super AMOLED, seperti yang dibenamkan pada Samsung Galaxy S dan Galaxy S 2.

Sebagai penggantinya, Samsung menyematkan “Super Clear LCD”. Hasilnya, tampilan menu di layar Galaxy S Wi-Fi 4.0 tak kalah cerah dibanding tampilan ponsel pintar Galaxy S 2. Sedangkan di bagian belakang terdapat kamera berkekuatan 3,2 megapiksel.

Sistem operasi yang diadopsi Galaxy S Wi-Fi 4.0 adalah Android 2.2 Froyo. Memang, itu bukan versi terbaru keluaran Android, yakni Android Gingerbread. Meski begitu, saat menjalankan berbagai aplikasi tak ditemui hambatan berarti.

Sebagai contoh, Galaxy S Wi-Fi 4.0 mampu menjalankan ribuan aplikasi yang terdapat di toko Android. Selain itu, Anda bisa mengganti layar utama dengan berbagai widget indah atau menikmati flash video. Itu semua berkat prosesor 1Ghz yang ada di dalamnya.

Galaxy S Wi-Fi 4.0, seperti halnya iPod Touch, bukan tanpa kelemahan. Untuk bisa terhubung dengan dunia luar, hanya ada satu koneksi, yakni Wi-Fi tanpa 3G. Jika tak ada hotspot di sekitar Anda, jangan berharap bisa terkoneksi dengan Internet.

Tanpa kehadiran fitur 3G membuat harga Galaxy S WiFi 4.0 diharapkan bisa lebih murah ketimbang Galaxy S 2. Salah satu kabar yang menggembirakan adalah Samsung telah melengkapi Galaxy S Wi-Fi 4.0 dengan Skype dan Qik Plus untuk melakukan panggilan telepon melalui VoIP serta video chat.

ELECTRICPIG | CNET | FIRMAN

Fitur Galaxy S Wi-Fi 4.0- Sistem operasi Android 2.2 Froyo

– Prosesor 1Ghz

– Mendukung Flash

– Layar lebar 4 inci

– Resolusi layar 800 x 480 piksel

– Kapasitas memori 8, 16, dan 32 gigabita

– Kamera 3,2 megapiksel

– Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS

– Format video H.264, DivX HD, XviD, dan MPEG4

– Terinstal Skype dan Qik Plus

Cari Pasangan Lewat GPS

Liputan 6

Liputan 6 – Rabu, 16 Februari
Cari Pasangan Lewat GPS

Mega Bazaar Computer 2011 Digelar Maret

Kompas

Kompas – Kamis, 10 Februari

Apple Menyodok di Posisi Ketiga Produsen PC Terbesar

Kompas

Kompas – Kamis, 3 Februari

PALO ALTO, KOMPAS.com – Posisi iPad dan tablet sejenis masih tarik ulur apakah masuk ke dalam kategori PC (personal computer) atau bukan. Dalam survei terbarunya, firma riset Canalys memasukkan tablet ke dalam pasar PC dunia. Canalys juga mendorong agar vendor komputer menerima kenyataan bahwa tablet menggunakan komponen-komponen yang setara dengan produk PC selama ini.

Untuk menghitung pasar PC, survei tersebut pun menghitung distribusi Samsung Tab, iPad, dan perangkat tablet sejenis. Hasilnya, sepanjang kuartal keempat tahun 2010 lalu, pasar PC mengalami peningkatan 19 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya menjadi 105,8 juta unit.

Dengan memasukkan tablet ke pasar PC, peta persaingan memang sedikit berubah. HP tetap bercokol di puncak dengan distribusi produk sebanyak 18,7 juta unit atau menguasai 17,7 persen pangsa pasar. Disusul Acer dengan 13,6 juta unit atau pangsa pasar 12,8 persen.

“Apple melejit ke posisi ketiga di pasar, berkat penjualan iPad dan Mac yang sangat tinggi, termasuk pertumbuhan yang tinggi di wilayah Asia Pasifik,” demikian laporan Canalys yang dirilis belum lama ini. Total penjualan iPad dan Mac mencapai 11,5 juta atau 10,8 persen pangsa pasar. Pertumbuhan pasarnya paling tinggi hingga 241 persen jauh di atas pertumbuhan rata-rata pasar PC.

Dell turun di posisi keempat dengan 11,4 juta unit, sedikit di bawah Apple, dengan pangsa pasar yang sama sekitar 10,8 persen. Berikutnya Lenovo dengan 9,6 juta unit atau pangsa pasar 9,1 persen. Pangsa pasar produk lainnya masih cukup tinggi yakni 38,8 persen pangsa pasar dengan 41,1 juta unit PC.

Harga Ponsel Windows Phone Bakal Turun Drastis

Kompas

Kompas – Sabtu, 19 Februari
Harga Ponsel Windows Phone Bakal Turun Drastis

HELSINKI, KOMPAS.com — Dengan menggunakan perangkat lunak (software) lisensi Windows Phone dari Microsoft, Nokia bertekad tidak membuat harga telepon seluler lebih mahal. Salah satu pembicaraan utama dalam kesepakatan dengan Microsoft soal bagaimana agar harga ponsel Windows Phone bisa turun drastis.

“Kami sangat yakin dapat segera melakukannya,” kata CEO Nokia Stephen Elop, Jumat (18/2/2011) di Helsinki, Finlandia, dalam pertemuan dengan para wartawan media bisnis. Menurut dia, salah satu keinginan Nokia dan Microsoft adalah menghadirkan telepon seluler (ponsel) Windows Phone di titik harga terendah. Hal tersebut menjawab pertanyaan wartawan bahwa Nokia bisa kehilangan pasar ponsel murah pada masa transisi.

Selama ini, untuk bersaing dengan perangkat smartphone buatan Apple, Microsoft menentukan syarat spesifikasi perangkat keras (hardware) yang tinggi. Dengan demikian, harga jual ponsel jadi mahal karena modalnya besar.

Namun, untuk menjangkau pasar lebih lebar dengan harga lebih murah, Microsoft berencana membuka platform perangkat mobile miliknya. Hal tersebut agar semakin beragam produsen perangkat keras yang dapat menggunakannya, tidak hanya Qualcomm seperti saat ini.

Dalam kesepakatannya, Nokia dan Microsoft menegaskan kerja sama kedua pihak dalam pengembangan Windows Phone. Salah satunya, bersama-sama mengembangkan platform tersebut ke perangkat berbagai kelas.

Telkomsel Bundel Galaxy Mini Rp1,6 Juta

VIVAnews

By Muhammad ChandratarunaSabtu, 19 Februari

VIVAnews – Telkomsel bersama Samsung hari ini merilis paket bundling smartphone Android, Samsung Galaxy Mini. Paket Samsung seri S5570 itu dilengkapi dengan perdana simPATI dengan banderol harga Rp1,59 juta.

“Paket bundling Telkomsel dan Samsung Galaxy Mini sekaligus sebagai edukasi layanan berbasis Android pada pelanggan,” kata Iwan Darmawan, manager broadband bundling Telkomsel, di sela jumpa pers, Jakarta, Sabtu 19 Februari 2011.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam menyediakan solusi layanan mobile lifestyle Telkomsel,” tandasnya. Sebagaiman diketahui, pasar pengguna smartphone Android di Indonesia tumbuh signifikan dalam setahun terakhir.

Di tahun lalu, Android menempati posisi ketiga sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Pertumbuhannya tumbuh lebih dari 200 persen dibandingkan tahun 2009.

Pada paket bundling Samsung Galaxy Mini, Telkomsel memberikan layanan akses Internet tak terbatas dengan Flash seharga Rp50.000 per bulan selama 3 bulan. Tarif ini diklaim lebih hemat 50 persen dibandingkan tarif normal, yakni Rp50.000 per dua minggu.

Paket bundling ini akan tersedia di lebih dari 50 gerai ponsel berlogo Samsung di Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandar Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Makasar, Palu, Manado, dan beberapa kota lainnya.

Khusus hari ini, 19 Februari 2011, paket bundling Samsung Galaxy Mini dapat diperoleh dengan harga spesial Rp1,29 juta. Harga ini dapat ditemui di pameran penjualan yang digelar di Plaza Ex, Jakarta. Syaratnya, calon pembeli harus memiliki kartu pelajar atau kartu mahasiswa aktif.

Lantas, apa keunggulan Samsung Galaxy Mini?

Galaxy Mini adalah smartphone Android buatan Samsung paling mungil. Dimensinya hanya 11 x 6 x 1,2 cm dengan bobot 105 gram. Ia mengadopsi sistem operasi Android 2.2 Froyo dengan prosesor berkecepatan 600 MHz.

“Samsung Galaxy Mini menyasar segmen anak muda, laki-laki dan perempuan, rentang usia 15-25 tahun. dan penggandrung social media. Dengan Froyo, anak muda dapat menikmati pengalaman baru social media bersama Social Hub yang mengintegrasi segala layanan seperti Facebook, Twitter, Myspace, dan lainnya,” kata Eka Anwar, head of marketing HHP Business Samsung Electronics.

Smartphone mini ini bukan produk main-main. Di segi konektivitas, ponsel layar sentuh berukuran 3,1 inci ini telah mendukung akses HSDPA 7,2 Mbps (setingkat Samsung Galaxy S), lengkap dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan microUSB. Ia juga memiliki fungsi GPS sebagai navigasi. Sayang, resolusi layarnya kecil, sebatas 240 x 320 piksel.

Berikut fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy Mini:

Jaringan Selular

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (2G)

HSDPA 900 / 2100 (3G)

Dimensi dan berat

11 x 6 x 1,2 cm

105 gram

Layar

TFT capacitive touchscreen, 256 ribu warna

Ukuran layar

3,1 inci, 260 x 320 piksel

– Accelerometer sensor for UI auto-rotate

– TouchWiz v3.0 UI

– Swype text input method

– Proximity sensor for auto turn-off

Memori

160MB (RAM)

2GB (storage)

slot memory card hingga 32GB

Konektivitas

3G HSDPA, 7.2 Mbps

Wi-Fi 802.11 b/g/n

Bluetooth 2.1

microUSB 2.0

Kamera

3.15 MP, 2048 x 1536 piksel

Video

Ada, QVGA@15fps

OS

Android v2.2 (Froyo)

CPU

600 MHz processor

Radio

Stereo FM

Browser

HTML

GPS

Ada, A-GPS support

Fitur

– Java (via pihak ketiga)

– Kompas digital

– Integrasi SNS (Social hub)

– Organizer

– Image/video editor

– MP3/WAV/eAAC+ player

– MP4/H.264/H.263 player

– Voice command/dial

– Document viewer/editor

– Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration

– Predictive text input

Baterai

1200 mAh

Harga

Rp1.599.000

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s